Pengertian dari solar cell

Pengertian dari solar cell

Panel surya atau solar cell mungkin masih merupakan kata-kata yang sangat asing bagi telinga kita sebagai orang awam. Mungkin sebagian kecil dari kita sudah pernah bahkan pernah bertemu langsung dengan penjual solar cell namun sebagian besarnya belum sama sekali. Mereka yang sudah pernah mendengar solar cell hanya mengetahui sekilas, belum mengerti dengan artinya sendiri.

Sebetulnya panel surya itu sendiri punya kaitan dengan energi listrik. Maksudnya adalah panel surya ini menjadi jalan keluar bagi mereka yang mengalami masalah dengan borosnya pemakaian listrik, yang mengakibatkan tingginya biaya listrik yang harus dibayar.

Kita sering melihat banyak sekali rumah terutama sekali di kota-kota besar yang di gentengnya dipasangi suatu alat yang biasanya berbentuk kotak-kotak kecil yang hampir keseluruhannya terbuat dari kaca. Alat inilah yang dinamakan dengan solar cell atau panel surya. Alat seperti ini bisa juga kita jumpai di jalan-jalan raya.

Panel surya yang diletakkan di atas atap sebuah rumah memiliki fungsi menggantikan sumber energi listrik. Demikian pula halnya yang berada di jalan-jalan raya. Kegunaannya sama, sebagai pengganti tenaga listrik juga, untuk menyalakan lampu-lampu, menerangi jalan.

Yang dimaksud dengan panel surya adalah suatu alat yang sebetulnya merupakan sebuah solar cell di mana karena alat ini pula listrik bisa diubah menjadi cahaya dengan memanfaatkan sinar matahari. Disebut sebagai sel surya karena sel-sel dari surya atau dari mataharilah yang digunakan sebagai sumber cahaya yang paling kuat, yang paling pokok.

Sel-sel cahaya dari sinar matahari di sini merupakan sumber yang paling kuat, yang paling utama yang dapat menggantikan tugas dari sumber listrik. Oleh karena itulah panel surya ini kerap kali disebut juga dengan nama cahaya listrik atau sel photovoltaic.

Energi matahari diserap oleh efek photovoltaic dengan memakai sel photovoltaic atau sel sel surya. Akibatnya dua lapisan yang memiliki muatan yang saling bertolak belakang akan dialiri oleh arusnya.

Dulu, meskipun bisa menjadi jalan keluar bagi penghematan listrik namun pada kenyataannya panel surya ini masih sangat jarang digunakan untuk menghasilkan sumber listrik. Hal ini disebabkan karena kendala biaya produksi yang dikeluarkan begitu tinggi untuk setiap wattnya. Kalaupun dulu digunakan, pemanfaatannya terbatas. Misalnya hanya dipakai pada daerah yang benar-benar terpencil, yang susah dijangkau oleh listrik, seperti di gurun-gurun pasir. Atau di lain waktu panel surya ini dipakai untuk menjalankan mesin sebuah mobil, dalam hal ini mobil balap,.

Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan Australia yang sudah menggunakan fasilitas dari solar cell ini. Sekarang negara-negara seperti Indonesia, bahkan masyarakatnya pun juga sudah mulai memiliki alat ini. Sudah lebih mudah ditemukan tempat jual solar cell untuk memenuhi permintaan masyarakat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0