3 Cara Praktis untuk Perawatan Genset

3 Cara Praktis untuk Perawatan Genset

Genset adalah generator listrik yang fungsinya adalah sebagai supply tenaga listrik yang sumbernya diperoleh secara manual. Fungsi dari genset sangat penting khususnya untuk membangkitkan energi listrik dan menjadi cadangan energi saat listrik di rumah padam. Instalasi genset biasa ditemui di tempat-tempat umum seperti masjid, mall, dan lembaga formal atau non formal yang membutuhkan energi listrik secara terus-menerus. Ada berbagai macam jenis genset yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah genset diesel, genset gas, dan genset solar yang memiliki fungsi masing-masing. Genset yang dibeli dengan harga yang mahal akan cepat rusak tanpa perawatan yang tepat. Agar genset yang Anda beli tetap awet, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Letakkan pada Tempat yang Kering

Langkah pertama agar genset tetap dalam kondisi baik adalah lokasi instalasi di tempat yang kering. Genset yang diposisikan di tempat yang basah akan membuat mesin genset rawan rusak. Pastikan genset tidak diinstalasi posisi sembarangan, terhindar dari air dan terik matahari secara langsung yang akan menyebabkan konsleting yang membahayakan. Memang tahap perencanaan sebelum instalasi genset merupakan satu langkah krusial karena harus disesuaikan dengan jaringan pelistrikan rumah, struktur/bentuk rumah, dan kenyamanan penghuni.

Menjaga Kebersihan Genset

Ya, langkah selanjutnya dalam menjaga genset adalah dengan memastikan kebersihannya. Bersihkan genset secara rutin setiap hari dari debu. Selain itu pastikan pula genset terhindar dari kotoran, minyak membandel terutama di bagian radiatornya. Dengan begitu, genset tidak akan mudah rusak. Ingat, awet tidaknya genset bergantung pada bagaimana Anda merawatnya setiap hari.

Ganti Spare Part

Saat spare part genset sudah dalam keadaan yang tidak fit, Anda bisa menggantinya sedini mungkin. Lakukan pengecekan dan pastikan bagian mana dari genset tersebut yang sedang dalam kondisi yang tidak baik. Setelah diketahui mana bagian yang sedang bermasalah, langkah selanjutnya adalah lakukan penggantian sedini mungkin agar kerusakan tidak merambat ke bagian genset yang lain.

Perawatan tersebut adalah perawatan dasar sehari-hari yang bisa Anda lakukan. Dengan selalu instalasi yang baik dan mempraktikkan tips perawatan tersebut, Anda akan memiliki genset yang awet dan tahan lama

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0